Pelatihan Guru Pendidikan Seni Nusantara

Lembaga Pendidikan Seni Nusantara (LPSN) menyelanggarakan program Pelatihan Metodologi Pendidikan Seni Nusantara bagi guru-guru Seni Budaya tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Pelatihan ini diselenggarakan tiap semester selama tahun 2003 s.d. 2007. Materi pelatihan adalah buku bahan ajar PSN yang dibagi pertopik/semester antara lain “Alat Musik Dawai”, “Tekstil”, “Gong”, “Topeng”, “Sistem Tulisan dan Kaligrafi”, “Tari Tontonan”, “Musik Populer”, “Tari Komunal”, “Teater”, dan “Pemukiman”.

Jumlah guru yang mengikuti program ini adalah 1327 orang yang berasal dari 906 sekolah dari dua belas provinsi di Indonesia yaitu, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat.

Fokus pelatihan adalah memberikan pada guru suatu pemahaman dan apresiasi non-teknis (selain materi teknis) terhadap jenis-jenis kesenian yang dijadikan topik. Fokus non-teknis tersebut memungkinkan guru yang spesialis dalam salah satu bidang kesenian (tari, seni rupa, musik, teater) untuk mengajarkan juga materi dari bidang kesenian lain yang bukan spesialisasinya.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.