Pelatihan Pembuatan Alat Musik Dawai

Lembaga Pendidikan Seni Nusantara bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Widya Anindya menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Alat Musik Dawai pada 11-16 Desember 2015 di Bogor. Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan serupa yang digelar 11-13 November 2015 di Tangerang. Para peserta adalah empat guru Seni Budaya dari SMK Bhakti Anindya Tangerang. Materi yang diberikan adalah sejarah pembuatan alat musik dawai, metode pembuatan alat musik dawai (khususnya gitar akustik dan biola), dan praktik pembuatannya. Pelatihan ini dipandu oleh Endo Suanda. 

Pelatihan Digitalisasi Arsip Audio

Pelatihan Digitalisasi Arsip Audio diselenggarakan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) ISBI Bandung bekerjasama dengan Tikar Media Budaya Nusantara dan Lembaga Pendidikan Seni Nusantara, pada 8-9 Desember 2015 di ISBI, Bandung. Pelatihan ini dipandu Endo Suanda dan Adi Nugroho dengan peserta para staf dokumentasi dan dosen di ISBI Bandung. Materi yang diberikan adalah pengenalan tentang arsip audio (piringan hitam, reel to reel, kaset) dan metode digitalisasinya. 

Pelatihan Pendidikan Seni Nusantara Topik "Alat Musik Dawai" dan "Topeng"

Pelatihan Pendidikan Seni Nusantara dengan topik "Alat Musik Dawai" dan "Topeng" diselenggarakan atas kerjasama LPSN dan Yayasan Widya Anindya Tangerang, pada 11-13 November 2015. Pelatih topik"Alat Musik Dawai" adalah Irwansyah Harahap dan Endo Suanda, sedangkan pelatih "Topeng" adalah Herry Dim dan Toto Amsar Suanda. Adapun para peserta adalah guru-guru Seni Budaya di wilayah Tangerang. 

Workshop Musik Keroncong

Workshop Musik Keroncong diselenggarakan LPSN dan Yayasan Tjroeng pada 1 Maret 2015 di Taman Budaya Jawa Barat, Bandung. Tujuannya adalah meningkatkan apresiasi dan menumbuhkan minat para siswa dan guru terhadap musik keroncong melalui: pemberian wawasan & pengetahuan tentang musik keroncong dan pelatihan teknis main alat-alat musik keroncong. Pelatih dalam workshop ini adalah para personel Jempol Jenthik Orkes Keroncong, Bandung. Adapun para peserta adalah guru dan siswa SMA dari Bandung dan Tasikmalaya. 

Revolusi Musik Bambu II: Keroncong dalam Kreativitas Tak Berbatas

Revolusi Musik Bambu 2 (RMB-2) digelar oleh LPSN, Yayasan Tjroeng, Tikar Media Budaya Nusantara, dan Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat pada 4 Maret 2015, pukul 20.00, di Teater Tertutup, Taman Budaya Jawa Barat, Bandung. 

Revolusi Musik Bambu I

Revolusi Musik Bambu (RMB) diselenggarakan Lembaga Pendidikan Seni Nusantara, Tikar Media Budaya Nusantara, dan Taman Budaya Jawa Barat pada 17 April 2014 di Taman Budaya Jawa Barat, Bandung. Pergelaran ini sudah tentu  menampilkan musik dengan instrumen terbuat dari bambu. Disebut “revolusi,” karena alat bambu yang dimainkan bukanlah yang biasa seperti angklung, calung, dsb, melainkan yang dibuat system teknis yang baru.

Pelatihan Tata Suara Panggung

Pelatihan Tata Suara Pemanggungan diadakan Balai Taman Budaya Jawa Barat bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Seni Nusantara (LPSN) pada 21-23 November 2013 di Taman Budaya Jawa Barat. Tujuan pelatihan adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tata suara pemanggungan para staf Taman Budaya Jawa Barat. Peserta: para staf Taman Budaya Jawa Barat. Fasilitator: Adi Nugroho. 

Pelatihan Arsip Audiovisual Seni Budaya

Pelatihan Arsip Audiovisual Seni Budaya diadakan Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Seni Nusantara (LPSN) pada 19-20 November 2013 di STSI Bandung. Peserta pelatihan adalah dosen dan teknisi di Unit Dokumentasi dan Arsip STSI Bandung. 

Pergelaran Musik Bambu

Pergelaran Musik Bambu diadakan oleh Taman Budaya Jawa Barat bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Seni Nusantara dan Yayasan Tikar pada Sabtu, 16 November 2013, pukul 19.30, di Taman Budaya Jawa Barat, Jl. Bukit Dago Selatan 53A, Bandung. Pergelaran ini menutup rangkaian Workshop dan Pameran Alat Musik dan Kriya Bambu yang diadakan selama empat hari pada 13-16 November 2013 di tempat yang sama. Para seniman dan kelompok seni yang akan tampil antara lain Gun Gunawi, Yopie Rizkia, Bendra Angrena, Kelompok Akar Awi Majalengka, dan Galengan Bandung. 

Pameran Kriya dan Alat Musik Bambu

Pameran Kriya dan Alat Musik Bambu diadakan Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Seni Nusantara (LPSN) pada 13-16 November 2013 di Ruang Galeri, Taman Budaya Jawa Tengah, Bandung. LPSN memamerkan sejumlah alat musik bambu hasil buatannya antara lain: gitar, gambus, tarawangsa, kacapi, dan dogdog, 

Pages

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.