Program Pengembangan Sistem Arsip Audiovisual Seni Budaya

Program Pengembangan Sistem Arsip Audiovisual Seni Budaya bertujuan untuk membuat suatu sistem arsip digital berbasis dokumen audioviusal seni budaya yang tahapan kerjanya meliputi pengumpulan, perawatan, pendataan/inventarisasi, alih media, pemberian informasi secara digital, pengorganisasian (penamaan file, pengkategorian, keywording) dan pengaksesan ke publik. Sistem arsip digital ini akan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, proses kreatif seniman, dan untuk kepentingan wisata dan ekonomi.

Secara umum, program kerja ini dilakukan dalam dua bagian, yaitu secara fisik dan digital. Secara fisik, dokumen-dokumen audiovisual tersebut disimpan dan dipelihara di ruangan yang memadai (dalam temperatur dan kelembaban tertentu). Dokumen-dokumen tersebut diinventarisasi dengan sistem katalog, sehingga memudahkan proses telusurnya. Adapun secara digital,  dokumen-dokumen tersebut diberi keterangan (informasi) lengkap, berupa metadata yang terorganisasi dan terstruktur, sehingga seluruh koleksi itu bisa diindeks dan ditelusur secara digital. Untuk dokumen yang berbentuk analog, dilakukan proses digitalisasi terlebih dahulu, baru kemudian melalui proses pengisian metadata.

Sistem arsip digital ini dibuat dengan basis metadata (dalam dokumen), sehingga akan kompatibel dengan platform Content Management System (CMS) apapun. Mitra-mitra LPSN yang telah bekerjasama menerapkan sistem arsip digital ini antara lain Tikar Media Budaya Nusantara, Balai Taman Budaya Jawa Barat, dan Pusat Data dan Informasi, ISBI Bandung.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.